Tari Seblang : Ritual Mistis Suku Osing

Tari Seblang Banyuwangi Yang Jadi Ritual Mistis Suku Osing

Tari Seblang adalah ritual suku Osing di Banyuwangi. Ritual ini dilakukan untuk acara bersih desa atau tolak bala. Maksud dari adanya ritual ini agar desa dalam kondisi aman dan tentram.

Ritual Seblang ini memang punya nuansa mistis. Karena memang ditujukan untuk tolak bala secara ghaib. Uniknya, penari haruslah wanita yang sudah masuk fase menopouse.

Tarian ini ditarikan dalam kondisi penari yang mengalami kerasukan roh leluhur. Para penari dipilih secata ghaib, dan tidak sembarangan. Penari dipilih oleh pawang atau Gambuh.

Penari juga harus berasal dari keturunan penari Seblang juga. Jadi gak asal-asalan untuk pilih penarinya.

Asal Mula Tari Seblang

Tari Seblang adalah tradisi yang sangat tua, karena ada sejak tahun 1930. Yang dikenal sebagai penari Seblang pertama bernama Semi. Info itu pernah disanggah, karena sebelum Semi lahir Seblang sudah ada lebih dulu. Karena Gandrung sebagai turunan Seblang juga sudah ada.

Ritual Tari Seblang

Dimulai dengan upacara oleh pawang atau Gambuh sebelum tari seblang dimulai. Lalu, mata sang penari ditutup dengan nampan. Ditutupnya oleh ibu-ibu yang ada di belakangnya.

Sang pawang lalu mengasapi penari dengan dupa dan membaca mantra. Jika nampan sudah jatuh, maka penari sudah mulai kesurupan. Tarian pun sudah bisa untuk dimulai.

Tarian monoton dilakukan oleh penari. Matanya masih terpejam dan gerakan mengikuti sang pawang dan suara gendhing.

Biasanya penari di bawa keliling desa. Setelah menari beberapa lama, penari melempar selendang ke penonton. Penonton yang kena, harus mau menari bareng si Seblang. Kalau gak mau, Si Seblang akan mengejar penonton itu. Hih ... serem ya, hehehe.

Alat Musik Yang Digunakan

Alat musik yang digunakan untuk tari Seblang adalah alat musik tradisional. Terdiri dari Kendang, Gong dan Sharon. Ada juga yang memainkan dengan tambahan biola.

Pakaian Yang Digunakan

Baju si penari tari Seblang adalah omprog yang terbuat dari pelepah pisang. Lalu bagian atasnya ada bunga-bunga yang diambil dari kebun atau makam. Tidak lupa juga ada kaca kecil di tengah omprog. baju lebih dominan berwarna hijau atau kuning. Selendang diselipkan ke pinggang si Seblang.

Ada juga yang memakai omprog dari kain kafan. Atasnya dikasi bunga kuburan. Warna dominan pada baju adalah kuning kemerahan.

Fakta Menarik

  • Ritual Seblang dilakukan selama 7 hari berturut - turut. Pada hari terakhir ada Seblang Idher Bumi.
  • Tari Seblang harus dibawakan oleh keturunan penari sebelumnya.
  • Ada prosesi yang namanya Gendhing Kembang Dermo. Artinya kurang lebih adalah Seblang jual bunga. Bunga itu direbutkan oleh masyarakat desa setempat dan diganti dengan mahar. Kembang ini dipercaya sebagai media tolak bala.
  • Harus ikut menari kalau kena selendang. Kalau tidak, kamu akan dikejar oleh si Seblang lho.
  • Tarian si Seblang berasal dari roh halus yang merasukinya.

Itulah sekilas info yang bisa kami sampaikan tentang Tari Seblang. Aura mistisnya hampir sama dengan Tari Jaranan Buto. Kamu bisa temukan info tarian khas Banyuwangi lainnya di website BanyuwangiAja.com!