Bangsring Underwater Festival, Tarian Gandrung di Dasar Laut

Informasi Bangsring Underwater Festival di BanyuwangiAja.Com

Agenda wisata yang terbalut dalam Banyuwangi Festival memang tidak ada habis - habisnya, salah satu yang menarik adalah Bangsring Underwater Festival. Pada event ini kita akan menyaksikan Tarian Gandrung di dasar laut yang diadakan di Pantai Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur.

Tidak hanya tarian saja, banyak agenda unik yang ada dalam acara ini. Sebutlah saja "Nemo Dancing" (pengamatan ikan nemo selama 48 jam), pendidikan bahari, lomba kano, lomba lari sisir pantai, hingga underwater photography.

Para Nelayan di Banyuwangi memang patut diacungi jempol, karena dengan cara kreatif ini ingin melakukan sesuatu yang berbeda. Tidak semata menggelar event, namun mereka juga menyisipkan edukasi bahari yang tidak kalah penting.

Bangsring Underwater merupakan wilayah konservasi bawah laut yang dikelola oleh nelayan Bangsring Banyuwangi. Kelompok nelayan di kawasan ini mendapatkan Kalpataru dari Presiden Republik Indonesia. Bukan tanpa alasan, para nelayan mampu mengubah mindset dari pengebom ikan menjadi aktif melakukan restorasi terumbu karang.

Bangsring Underwater pernah mencatat Rekor Muri pada Banyuwangi Underwater Festival 2016 lho. Lagi dan lagi, para nelayan berhasil menyelam selama 28 jam di Perairan Bangsring yang digelar selama dua hari. Tidak hanya 1 nelayan, namun ada 56 orang nelayan yang mampu melakukan penyelaman. Para nelayan ini secara bergantian melakukan penyelaman selama 30 menit.

Bangsring sendiri juga merupakan kawasan wisata yang banyak diminati para wisatawan. Karena disana wisatawan dapat berenang dengan bayi hiu dan melihat terumbu karang.