Festival Imlek Banyuwangi, Kolaborasi Budaya Osing dan Tionghoa

Informasi Festival Imlek Banyuwangi di BanyuwangiAja.Com

Festival Imlek Banyuwangi menyuguhkan akulturasi Budaya. Imlek dengan kolaborasi budaya Osing yang cukup meriah dan sayang untuk dilewatkan. Di festival ini anda bisa menikmati sajian penampilan dari Barongsai dan Barong Osing.

Festival ini dilaksanakan di halaman Tempat Ibadah Tionghoa Indonesia (TITD) Hoo Tong Bio. Acara ini menjadi acara lintas etnis, sehingga tidak hanya masyarakat Tionghoa saja yang bisa menikmatinya. Ornamen - ornamen berwarna merah yang menjadi ciri khas perayaan Imlek seperti lampion dipasang di sepanjang jalan menuju TITD.

Dalam festival Imlek Banyuwangi ini juga disuguhkan 10 ribu porsi Lontong Cap Go Meh khas Tionghoa di Nusantara. Sajian ini akan disajikan sebagai penutup dari rangkaian acara Imlek tersebut.

Lontong Cap Go Meh adalah akulturasi antara tradisi Tionghoa dengan masyarakat pantura. Diawali di Cirebon, Tegal, Pekalongan dan Lasem lalu tersebar di seluruh komunitas Tionghoa di Nusantara. Masyarakat Tionghoa meyakini, dengan menyantap lontong tersebut akan mendapat kebaikan di tahun yang baru ini.

Kamu bisa menyaksikan Festival Imlek Banyuwangi ini setiap tahunnya yang merupakan salah satu agenda dari Banyuwangi Festival.

Acara kirab budaya Tionghoa itu berlangsung meriah dengan menampilkan arak-arakan barongsai, liong barongsai, dan Kim Sing. Ekspresi akulturasi atau kolaborasi budaya terlihat pada Festival Imlek di Banyuwangi. Kesenian Barongsai yang menjadi tradisi Tionghoa tampil bersama dengan Barong Osing yang khas Banyuwangi. Alunan musik dari tabuhan gamelan juga berkolaborasi dengan alunan musik khas negeri Tirai Bambu tersebut. Agenda ini merupakan salah satu dari program Banyuwangi Festival yang diadakan setiap tahun. Ini adalah momen pertama orang Tionghoa melihat purnama. Hal ini diperingati untuk suatu harapan kehidupan yang akan terus terang sepanjang tahun.

Pelataran Klenteng Hoo Tong Bio Banyuwangi penuh sesak oleh ribuan peserta kirab dan penonton. Klenteng Hoo Tong Bio merupakan lokasi start dan finish kirab budaya Tionghoa. Seakan tak merasakan terik matahari mereka terus berjubel ingin menyaksikan beragam atraksi kirab budaya dalam Festival Imlek Banyuwangi yang dilepas oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas itu.