Gintangan Bamboo Festival, Keunikan Kostum Dari Bambu

Informasi Gintangan Bamboo Festival di BanyuwangiAja.Com

Keunikan pagelaran yang menampilkan kreasi kostum yang terbuat dari bambu bisa anda saksikan di Gintangan Bamboo Festival. Event ini telah masuk dalam agenda resmi Banyuwangi Festival.

Beberapa barisan peraga berjalan di jalan desa yang disulap menjadi catwalk. Mereka memeragakan kostum, bahkan mahkota yang terbuat dari bambu. Berbagai model kostum dipamerkan seperti model Barong, Damarwulan, Bunga sampai Daun Bambu dibuat sedemikian menarik.

Tidak hanya anak muda setempat, bahkan anak muda di luar Desa Gintangan pun tertarik mengikuti event ini. Para peraga menggunakan baju rakitan berbahan dasar bilah-bilah bambu jenis apus yang membius pacaindera para penonton.

Para penonton sangat antusias menyaksikan festival ini dan terkadang hingga memadati tepi jalan sepanjang satu kilometer. Beragam produk UMKM desa seperti kerajinan tangan dan kuliner khas Banyuwangi dijual di pinggir jalan desa Gintangan.

Desa Gintangan sendiri berjarak sekitar 20 km dari Kota Banyuwangi. Desa ini telah menjadi sentra kerajinan bambu sejak 1980-an. Desa ini merupakan pemasok kerajinan bambu untuk kebutuhan nasional. Bahkan, kerajinan bambu dari desa ini sudah diekspor ke sejumlah negara seperti India, Thailand, Amerika, Jerman, Australia, Jepang, dan Brunei Darussalam.