Tari Padang Ulan : Muda Mudi dan Bulan Purnama

Tari Padang Ulan Banyuwangi

Tari Padang Ulan adalah jenis tari baru di Banyuwangi. Padang ulan punya arti bulan purnama. Tarian ini adalah hiburan para remaja saat bulan purnama.

Masuk dalam jenis tari angklung. Dasar tema tarian ini adalah para muda mudi yang bermain di tepi pantai. Gerakan dasarnya hampir mirip dengan Tari Gandrung. Penarinya adalah para remaja.

Tari Padang Ulan ini populer mulai 1964 yang dikenalkan oleh Wim Arimaya. Beliau adalah seorang penari di daerahnya.

Awalnya banyak gerakan melayu dalam tarian ini. Saat ini sudah banyak perkembangan sampai pada gerakan final saat ini. Penasaran? Yuk simak info tentang tarian ini!

Pagelaran Tari Padang Ulan

Tari ini diiringi musik dari angklung. Angklung Blambangan atau disebut juga Angklung Dwi Laras. Alat musik ini punya sifat erotik melankolik. Alat musik lainnya ada sharon, kendang, kempul, biola, slenthem dan gong. Semuanya berlaraskan slendro. Iringan musik tradisional yang dikenal dengan nama Gending Padang Ulan.

Mirip dengan Tari Gandrung, alunan musik dan gerakannya juga hampir sama. Tarian ini dilakukan beberapa pasang laki laki dan perempuan.

Tempat Pagelaran Tari

Dulu tari Padang Ulan ini identik dengan pantai. Tapi di saat ini, tarian ini sudah banyak yang menggunakan untuk berbagai acara. Seperti resepsi, pesta sekolah atau acara acara besar lainnya. Biasanya sebagai tarian lepas di antara tari-tarian lainnya.

Jika dilakukan di pantai biasanya ada di Boom Marina. Letaknya dekat dengan pusat kota Banyuwangi.

Tokoh Yang Berperan

Ada 2 tokoh yang ada di balik tari Padang Ulan ini. Adalah Wim Arimaya dan Sumitro Hadi. Wim Arimaya adalah tokoh yang menggarap tari ini pertama kali. Saat tari ini masih ada nuansa melayu nya. Sumitro Hadi adalah tokoh yang menyempurnakan tari ini. Sehingga saat ini seni tarian ini lebih moderen. Sumitro Hadi adalah penari muda yang terkenal di Banyuwangi.

Itulah sekilas info yang bisa kami sampaikan tentang tarian ini. Kamu bisa temukan info tarian khas Banyuwangi lainnya di website BanyuwangiAja.com! Seperti Tari Seblang, atau Jaranan Buto.