3 Tarian Khas Banyuwangi Dengan Nuansa Mistis dan Terkenal

Tarian Khas Banyuwangi Dengan Nuansa Mistis dan Terkenal

Banyuwangi adalah wilayah dengan segudang seni dan budaya. Mulai dari tarian, musik hingga makanan yang punya khas. Namun, ada tarian khas Banyuwangi yang punya nuansa mistis dan terkenal.

Tidak semua tarian di Banyuwangi punya hubungan erat dengan hal mistis. Seperti Tari Padang Ulan yang penuh dengan rasa gembira.

Namun ada tarian dari Banyuwangi yang erat dengan hal mistis. Biasanya dipakai untuk tolak bala, rasa syukur dan pesta.

Berikut ini adalah 3 tarian khas Banyuwangi dengan nuansa mistis dan terkenal.

Tari Gandrung Banyuwangi

Tari Gandrung Tardian Tradisional Icon Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur

Tari Gandrung khas Banyuwangi ini adalah ungkapan rasa syukur. Tapi tarian ini ada nuansa mistisnya.

Tari Gandrung sendiri terbagi dari beberapa jenis. Ada gandrung dor, marsam, jaripah, gama, jejer, paju, seblang subuh dan lukinto.

Suasana mistis pada tari Gandrung ada pada bagian seblang subuh. Penari melakukan gerakan dengan penuh penghayatan. Selengkapnya kamu bisa cek info tentang tarian ini pada artikel kami "Tari Gandrung Banyuwangi".

Tari Seblang Banyuwangi

Tari Seblang Banyuwangi Yang Jadi Ritual Mistis Suku Osing

Tari Seblang sangat kental dalam nuansa mistis. Si penari akan kerasukan roh halus dulu untuk memulai tarian. gerakannya sangat monoton. Tari ini adalah tarian khas Banyuwangi yang cukup terkenal.

Dipandu oleh pawang dan akan mengelilingi desa. Hal ini dilakukan untuk menolak bala desa tersebut. Si penari haruslah keturunan Seblang sebelumnya. Juga harus wanita yang sudah menopouse.

Kamu bisa cek info tentang Tari Seblang Banyuwangi di artikel kami juga.

Tari Jaranan Buto

Tari Jaranan Buto Replika Kuda Lumping di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur

Tari Jaranan Buto ini kental dengan nuansa mistis. Penari akan melakukan atraksi yang cukup berbahaya. Seperti makan pecahan kaca, mengupas kulit kelapa dengan gigi, dan atraksi lain.

Tari ini adalah tarian khas Banyuwangi. Meskipun punya nuansa mistis, tak jarang banyak acara pesta yang ada tarian ini.

Penari adalah laki laki yang kekar. Dengan tata rias yang menyerupai buto atau raksasa. Mata merah besar dengan taring yang tajam. Sangat mengerikan.

Tarian ini seperti kuda lumping. Alunan musik gamelan mengiringi tarian ini. Sang pawang ada untuk menyembuhkan dari kesurupan.

Itulah sekilas info yang bisa kami sampaikan tentang 3 tarian yang ada di Banyuwangi. Kamu bisa temukan info seni budaya Banyuwangi lainnya di website BanyuwangiAja.com!